BagiAn HidupKu

Minggu, 08 November 2009

Membuat Mouse Follower dengan Flash

Kali ini saya akan menjelaskan bagamana cara membuat mouse follower, seperti biasa saya menggunakan Macromedia Flash MX. Sebelum itu tahukah anda apa mouse follower itu? seperti namanya mouse follower artinya pengikut mouse atau sesuatu yang mengikuti mouse kita, bisa berupa gambar animasi ataupun tulisan. Misalnya pada contoh iklan dibawah ini:



Apakah anda tertarik untuk membuatnya, ikuti langkah-langkah berikut:

Pertama, buatlah suatu gambar pada movie clip baru, misalnya gambar bintang seperti pada gambar1. Berilah sedikit animasi seperti membesar atau mengecil. Usahakan gambar yang anda buat tadi ukurannya kecil kira2 sebanding dengan mouse kita, karena ini akan berada di belakang mouse, nanti kalau ukurannya besar bukan mouse follower namanya.

Kedua buatlah satu movie clip baru lagi, tapi jangan diisi (biarkan kosong). Kembali ke scene utama, tarik movie clip kosong tadi ke layar, hasilnya sebuah lingkaran kecil. Klik lingkaran kecil tersebut dan isi action scriptnya seperti dibawah ini:




















onClipEvent
(enterFrame) {
_root.attachMovie( "blob", "blob"+num, num );
setProperty("_root."+"blob"+num, _x, _root._xmouse);
setProperty("_root."+"blob"+num, _y, _root._ymouse);
c = new Color("_root."+"blob"+num);
c.setRGB( parseInt(random(1000000),16));
num = num+1;
removeMovieClip("_root."+"blob"+(num-20));
}
onClipEvent (load) {
num = 2;
}

Ketiga, klik kanan gambar bintang pada library dan pilih lingkage... centang Export for ActionScript dan isi kolom Identifier dengan nama blob lalu klik OK. Sebelum kita test movie kita harus mengubah publish setting untuk flash playernya menjadi Flash 5 karena script di atas dulu saya menulisnya di Macromedia Flash 5 dan saya pikir bisa dijalankan juga di Flash MX, namun saya tidak tahu kenapa kok saat saya coba tidak bisa, alias ada yang error. Setelah mengubah publish setting menjadi flash 5 coba anda kembali ke action script movie clip kosong tadi dan klik gambar centang (Check Syntax) kalau muncul tulisan "The script contains no errors" berarti anda sudah berhasil.

Sekarang anda sudah bisa melakukan test movie sebelumnya lebih baik di save dahulu. Kira-kira hasilnya seperti di bawah ini...



Kalau ada yang kurang jelas tulis di komentar aja ya... selamat mencoba...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar